Lamborghini Logo Otomotif: Segarkan Kabin Mobil Bekas

Segarkan Kabin Mobil Bekas


Anda tentu tidak mau dicap memiliki kepribadian jelek lantaran interior mobil Anda kusam. Apalagi interior sangat menentukan mood  berkendara.

Sadar atau tidak, kondisi interior mempengaruhi cara mengemudi. Kabin kotor membuat pengemudi cenderung tidak betah dan ingin cepat sampai tempat tujuan. Hal ini terjadi karena pengemudi tidak memperoleh kenyamanan ketika berada di dalam mobil.

Berbeda bila kabin mobil bersih dan terasa segar. Kondisi ini mampu membantu pengemudi merasa tenang dan senang berada di dalamnya.

Itu sebabnya Anda perlu melakukan penyegaran interior. Terutama bila mobil Anda diperoleh dalam kondisi second hand.

Ada beberapa tips untuk melakukan rekondisi kabin dan membuatnya segar kembali. Sebagai kelinci percobaan, kami gunakan Hyundai Atoz produksi 2000 yang kondisi interiornya lumayan amburadul.
Jok
1. Lepaskan seluruh jok menggunakan kunci atau perkakas yang dibutuhkan.

2. Jemur jok di terik matahari sambil memukulnya untuk melepaskan debu yang menempel di bagian atas.

3. Bersihkan panel plastik di jok depan dengan cairan pembersih sutera, atau menggunakan sampo rambut tanpa conditioner.  Hal ini untuk mencegah berubahnya warna jika menggunakan sabun colek atau deterjen. Lalu lap dengan kain bersih.

4. Gunakan cairan pembersih jok aftermarket  untuk membantu mengangkat noda yang membandel. Lakukan berulang kali hingga noda hilang.

5. Jemur jok atau gunakan kipas angin hingga kering kembali. Langkah ini penting untuk menghindari bau apek di dalam kabin.


 

Dasbor
1. Gunakan cairan pembersih dan sikat gigi untuk mengembalikan warna dasbor agar kembali cerah.

2. Lakukan proses ini bagian per bagian dan segera usap dengan kain lap bersih. Ini untuk menghindari kemungkinan kerusakan komponen elektronik mobil yang berada di balik dasbor akibat masuknya cairan melalui sela-sela dasbor.

3. Untuk noda hitam pada panel plastik yang keras, Anda dapat menggunakan wax  atau obat poles dengan tingkat abrasif rendah bila sikat tak mampu menghilangkannya.

4. Untuk kisi dasbor dan saluran AC, Anda dapat menggunakan kuas kecil serta cotton bud.

Karpet
1. Dengan dilepasnya jok, proses membersihkan karpet dapat dilakukan lebih mudah. Menggunakan vacum cleaner  merupakan cara termudah untuk mengangkat kotoran di lapisan teratas.

2. Untuk bagian yang bernoda, Anda dapat menggunakan sikat dan cairan pembersih, kemudian seka dengan lap.

3. Lakukan berulang kali hingga hasil optimal dan jemur mobil di terik matahari untuk menghindari karpet basah.

Plafon
1. Tak berbeda dengan lainnya, gunakan sikat dan cairan pembersih untuk proses ini dan seka dengan lap.

2. Sebaiknya, proses ini dilakukan bidang per bidang agar perbandingan tingkat bersih dapat segera terlihat.

Paket salon
Hampir seluruh salon mobil menyediakan paket membersihkan interior. Umumnya salon mobil menggunakan wet & dry vacuum cleaner. 

Alat ini mampu mengangkat kotoran tersembunyi di dalam jok dan plafon secara efektif. Wajar bila hasil akhir proses pengerjaan di salon setingkat lebih baik ketimbang mengerjakan sendiri.

Selain itu, beberapa salon juga menyediakan jasa untuk menyegarkan kembali aroma kabin. Misalnya paket Caromatherapy dari salon Autobahn atau Arc Flash.

Layanan ini mampu membunuh bakteri di interior hingga sistem saluran AC dan mampu mengembalikan kesegaran kabin mobil.

0 komentar:

Posting Komentar