Lamborghini Logo Otomotif: Kaki Sehat Lebih Nyaman

Kaki Sehat Lebih Nyaman


Walau kedengaran sederhana, suspensi merupakan bagian vital yang tak kalah penting dengan mesin. Bak kaki pada manusia yang berfungsi untuk berjalan, menjaga keseimbangan dan meredam getaran.

Kerusakan pada sistem ini mengakibatkan kendaraan menjadi tak nyaman, muncul bunyi-bunyian atau bahkan kerusakan yang fatal bila terjadi saat melaju kencang.


Karet suspensi
Selain sokbreker dan per, masih ada karet suspensi (bushing) di kolong mobil. Tugas bushing  ini adalah meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam.

Makin sering dipakai menghajar lubang atau jalan rusak, makin berat suspensi bekerja. Efeknya, makin tinggi tingkat keasuannya.


Bushing A arm  pada sedan dengan suspensi independen adalah bagian yang cepat aus karena kinerjanya lebih berat. Terutama di suspensi depan, karena harus menopang mesin serta memegang roda depan yang berbelok.

Selain suara berisik, bushing arm  yang aus bisa mengganggu sistem kemudi, terutama kala melaju pada kecepatan tinggi. Bushing stabilizer  juga harus diperhatikan kondisinya, apalagi jika mobil sering dipakai bermanuver di tikungan tajam.


Selain bushing, seal  roda juga wajib diteliti ulang. Pastikan tak ada kebocoran, yang biasanya disebabkan kelebihan beban akibat pemakaian roda lebih besar. Sil bocor akan merusak bearing  dan mengakibatkan roda lepas.


Kerusakan bushing  biasanya diawali dari sokbreker yang lemah, namun tak langsung diganti. Ini yang mengakibatkan kerja bushing  makin berat, selain aus termakan usia.


Karena suspensi berfungsi memegang penyalur daya (roda, propeler shaft), maka kerusakannya sangat mempengaruhi distribusi tenaga. Selain tak nyaman, kondisi ini membuat bensin boros.


Mengganti komponen suspensi juga merupakan trik untuk menciptakan rasa mobil baru. Yang lebih ideal lagi diikuti pemakaian ban baru, hingga traksi keempat ban lebih maksimal.

Untuk mempertahankan keawetan komponen karet yang berlokasi di kolong mobil, biasakan mencuci bagian bawah dengan air tekanan tinggi hingga para bushing  terbebas dari kotoran. Namun selain bersih, cara pakai adalah faktor utama yang bisa merusak bushing. 


Eropa lebih ringkih
 
Ini salah-satu karakteristik mobil Eropa. Selain bahan yang lebih lembut dan cepat rusak, beban yang ditopang suspensi rata-rata lebih berat dibanding mobil Jepang.

Selain itu, rancang bangun suspensi nyaman dengan banyak link arm,  hingga bushing  yang diperlukan juga lebih banyak. Buat mobil Eropa, suspensi yang paling mahal adalah milik Audi dan Volvo. Namun kualitasnya masih lebih baik dari Peugeot yang paling ringkih.


Tes suspensi
 
Selain membawa ke bengkel spooring  komputer, kerusakan  bisa dideteksi saat test drive.  Lewati jalan yang bergelombang, serta tak rata dengan kecepatan rendah.

Garis kejut sebelum pintu tol atau rel kereta api juga bisa membuktikan apakah kerja suspensi masih baik. Dalam keadaan jendela tertutup dan kabin hening, dengarkan apa ada suara aneh dari bagian kolong mobil.

Sedangkan untuk mengecek sok, lewati polisi tidur. Rasakan ayunan saat ban belakang melewati undakan. Apabila ayunannya lebih dari sekali, sok perlu diganti.

0 komentar:

Posting Komentar