Lamborghini Logo Otomotif: Aksesori Penurun Harga

Aksesori Penurun Harga



Memiliki mobil tanpa aksesori dan modifikasi? Bagi sebagian orang hal ini bisa dianggap tabu. Apalagi di pasar tersedia begitu banyak aksesori, dan sering membuat pemilik mobil terlena. Banyak yang memasang aksesori hanya untuk tampil gaya saja tanpa mementingkan fungsi, bahkan pada kasus tertentu malah bisa membahayakan.

Meski ada juga aksesori yang sesuai dengan mobil dan fungsional bisa menjadi nilai lebih bagi mobil yang dijual dan calon pembeli. Misalnya mobil telah dilengkapi kaca film yang bagus, audio berkualitas dan sebagainya.


Tetapi selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu beberapa aksesori juga mampu membuat harga mobil jatuh saat dijual lagi. Biasanya yang membuat harga mobil jatuh ini adalah aksesori yang secara tidak sadar memiliki sifat merusak mobil.


Nah, aksesori atau modifikasi seperti ini sebaiknya dihindari, baik oleh calon penjual maupun pembeli mobil. Apa yang jadi poin rugi bagi pembeli? Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sajikan.


Cat warna unik

Memang asyik memiliki mobil yang tampil beda. Salah satu caranya adalah dengan mengganti cat dengan warna kesukaan. Dan bisa jadi warna yang digunakan menyimpang jauh dari warna standar.

Warna unik ini seperti warna bunglon bisa menjadi masalah kala mobil akan dijual. Bagi calon pembeli, ini bisa menjadi hal negatif jika tidak sesuai dengan selera. Pasalnya, ongkos mengecat ulang mobil relatif mahal.


Body kit

Ini juga salah satu cara menambah gaya. Bagi pecinta aliran modifikasi tertentu, penambahan body kit  wajib hukumnya. Nah, jika body kit  yang dipasang tidak permanen, tentu tidak menjadi masalah, karena komponen bodi tambahan cukup dilepas saat mobil akan dijual.

Namun ada rumah modifikasi yang memasang body kit  secara permanen. Bahkan ada pula yang sampai memotong atau mengubah bentuk bodi asli. Misalnya membuat kisi-kisi udara di kap mesin atau melubangi bagasi untuk dudukan spoiler.  Biasanya ini akan menurunkan harga jual mobil.


Indiglow

Mengganti panel instrumen dengan model indiglow  cukup tren beberapa waktu lalu. Bagi sebagian pembeli mungkin tidak menjadi masalah. Namun pemasangan aksesori ini berarti membongkar panel instrumen.

Namun jika terjadi setelah pemasangan, akurasi instrumen bisa berubah. Bagi Anda calon pembeli, pastikan akurasi tetap ada dengan melakukan pengecekan lebih teliti.


Misalnya untuk mengecek akurasi spidometer, mintalah untuk melakukan test drive  dengan bantuan teman untuk membawa mobil sebagai pembanding. Mintalah ia memacu mobilnya dengan kecepatan tertentu, misalnya 40 km/jam. Ikuti mobil teman Anda itu dengan kecepatan yang sama. Saat ini dilakukan, jarum spidometer harus menunjukkan angka sekitar 40 km/jam.


Cat dasbor

Mengganti pelapis jok dengan kulit asli atau imitasi bisa membuat interior terlihat rapi. Lebih rapi lagi jika dasbor dibuat sewarna dengan mengecatnya. Masalahnya pengecatan dasbor berarti permanen dan tidak bisa dikembalikan seperti semula. Ini juga bisa menurunkan harga mobil.

Pelek besar

Memang gagah menggunakan pelek lebar berdiameter besar. Namun terkadang hal ini harus diiringi dengan modifikasi sepatbor. Misalnya dengan melipat bibir sepatbor atau dengan menggembungkan area sepatbor agar tidak bersentuhan dengan ban. Hal ini bisa dilihat secara kasat mata. Ini berarti sudah dilakukan perusakan bodi.

Untuk SUV yang memiliki ruang roda besar, umumnya modifikasi sepatbor yang dilakukan adalah dengan menambah overfender  dengan melubangi bodi. Namun ada satu hal lagi, pelek besar membuat kerja kaki-kaki menjadi lebih berat sehingga cepat aus.


Sunroof

Sunroof  memang membuat tampilan mobil makin mewah. Namun pemasangan sunroof  berarti memotong atap. Serapi apa pun pemasangannya, bagi banyak calon pembeli merupakan nilai negatif karena atap sudah tidak orisinal lagi. Sebaiknya hindari aksesori ini. Toh kenyataannya jendela atap ini jarang digunakan.

Audio

Umumnya perangkat audio yang wah bisa mendongkrak harga mobil. Tetapi lain halnya jika pemasangannya terpaksa merusak bagian mobil, misalnya door trim  atau dasbor. Ini bisa menjadi masalah saat ingin mengembalikan ke kondisi semula karena cukup menyedot dana.

0 komentar:

Posting Komentar