Lamborghini Logo Otomotif: Aksesori Gratis Mobil Bekas

Aksesori Gratis Mobil Bekas


Karakter pasar mobil bekas sangat berbeda dengan mobil baru. Ketika masih di showroom,  nilai sebuah mobil baru jelas fix  dan sulit diganggu gugat. Begitu pula dengan penambahan aksesori, harga jual mobil itu akan ditambah sesuai banderol barang optional  yang dipasang. Tapi bernilaikah para aksesori itu ketika mobilnya dijual sebagai bekas?

Dari hasil pemantauan tim kami ke lapangan, terdapat sejumlah aksesori menarik atau berguna yang ternyata tidak menambah harga jual si mobil bekas. Padahal nilai aksesori itu sebenarnya lumayan mahal. Istilahnya, ketika mobkas itu dibeli, aksesori tadi bisa Anda nikmati cuma-cuma. Berikut sejumlah pernik menarik yang tidak menaikkan harga jual mobil.


Kaca film

Survei kami menunjukkan, kaca film sebagus apapun yang tertempel di mobil, tidak mampu menaikkan banderol. Penyebabnya simpel saja, kaca film bukan selera semua orang. Meskipun tipe mahal yang dipasang, bukan berarti calon konsumen sreg dengan tingkat densitas dari kaca film tersebut.

Tapi bagi Anda yang cocok dengan jenis kaca filmnya, fakta bahwa harga mobil tidak meningkat karena ini sungguh menyenangkan. Apalagi kaca film jenis tertentu memiliki harga di atas Rp 5 juta.


Fog lamp

Bukan cuma tak berpengaruh pada harga jual, fog lamp  pun kadang bisa dipakai sebagai jurus menurunkan harga. Misalnya, bila Anda menemukan kalau fog lamp  yang terpasang bukan orisinal dan membuat bumper dilubangi pada tempat yang tidak semestinya.

Tapi ketika fog lamp  itu aksesori orisinalnya, Anda akan mendapat nilai lebih. Selain penerangan ke jalan menjadi lebih baik, mobil juga tampil gaya.


Sunroof

Untuk beberapa pabrikan merek premium, sunroof  juga bisa dijual terpisah sebagai opsi. Sayang, meski berharga mahal – bisa di atas Rp 10 juta, sunroof  bukanlah aksesori peningkat harga jual. Alasannya sama seperti kaca film, aksesori ini bukan selera semua orang. Padahal selain membuat keren, alat ini juga bikin kabin mobil serasa lebih lega.

Saat Anda mendapati mobil bekas dengan sunroof, pastikan peranti itu adalah aksesori orisinalnya. Versi asli memiliki bentuk serasi dan mekanisme lebih kuat ketimbang after market.  Bahkan pemasangan sunroof  non-asli bisa dipakai Anda sebagai dalih untuk menurunkan harga.


Body kit

Body kit  orisinal memiliki tampilan bagus dan sudah dirancang matang sesuai peruntukkan mobil. Sayangnya, agak sulit membedakan body kit  orisinal dan palsu. Salah satu cara adalah dengan membandingkan dengan yang dipajang di showroom – bila mobil itu masih dijual baru, atau bawa teman Anda yang mengerti.

Hindari mobil bekas incaran bila menggunakan body kit  buatan sendiri. Bukan desainnya sering kurang serasi, body kit  jenis ini tidak dipasang oleh bengkel resmi. Artinya mungkin saja dalam pemasangannya membolongi bodi asli mobil.


Jok kulit

Atu lagi aksesori bernilai jutaan rupiah yang juga bisa didapat secara cuma-cuma di pasar mobil bekas. Namun pastikan kualitas dan warna kulitnya sesuai selera Anda. Dan satu lagi, jok yang sudah dibalut kulit biasanya tidak bisa lagi dikembalikan ke corak dan bahan aslinya. Itulah sebabnya ia tidak menambah harga jual mobkas.
Hindari jika…
Jangan terbuai oleh aksesori dan modifikasi pada mobkas incaran. Jika Anda mendapati salah satu atau lebih jenis modifikasi di bawah ini, sebaiknya hindari saja.

Ganti warna

Serapi apapun proses pengecatannya, penggantian warna akan ketahuan di BPKB. Hal ini jelas menurunkan harga jual – karena cat tidak lagi orisinal, apalagi kalau warna barunya lain dari standar pabrik dan bukan selera kebanyakan orang. Mobil yang sudah dicat ulang juga makin sulit terdeteksi apakah pernah tabrakan sebelumnya.

Modifikasi mesin

Memang, banyak orang memimpikan tunggangannya kencang. Tapi kami menyarankan jangan membeli mobil bekas yang mesinnya sudah dimodifikasi. Mesin standar dari pabriknya sudah dirancang untuk seimbang antara performa, kehalusan dan konsumsi bbm. Nah, modifikasi mesin biasanya akan mengorbankan dua faktor terakhir tadi.

Ada risiko lain dari modifikasi mesin. Jika pemasangan komponennya tidak benar, umur pakai mesin akan makin pendek. Belum lagi, pemilik sebelumnya yang memodifikasi pastilah sering menggeber mobil itu, untuk melihat seberapa efektif modifikasi yang dilakukannya.


Bodi gembung

Dipastikan bodi mobil bekas jenis ini tidak orisinal lagi, dan akan menyulitkan Anda saat menjualnya kembali. Meskipun panel bodi asli masih disimpan, toh pemasangannya kembali tak akan serapi semula.

Ubah corak instrumen

Inilah kegemaran ABG zaman sekarang, mengganti corak instrumen dengan warna lebih sporty  atau yang berpijar seperti indiglo. Instrumen adalah hal vital pada kendaraan. Mengganti corak berarti melakukan pembongkaran, dan ini bisa mengakibatkan kepresisian ukur instrumen menurun drastis. 

0 komentar:

Posting Komentar